You are here:   Home Sejarah IBLP
Print PDF

Sejarah IBLP

Bagaimana Memulai Institut

 

Sebuah Kepedulian untuk Pilihan Bijaksana

Pada usia 15, Bill Gothard melihat beberapa teman SMA-nya membuat keputusan yang tidak bijaksana. Menyadari bahwa mereka harus hidup dengan konsekuensi dari keputusan ini, ia termotivasi untuk mendedikasikan hidupnya membantu kaum muda membuat pilihan yang bijak.

 

Sumber Kebijaksanaan Sejati

Tak lama kemudian, seorang teman yang lebih tua menantang Bill untuk mulai menghafal bagian besar dari Kitab Suci. Sampai tahun SMA-nya, Bill telah menjadi mahasiswa yang sangat tidak pandai, gagal dalam kelas pertama dan melewati delapan kelas berikutnya dengan masa percobaan. Namun, saat ia menghafal dan merenungkan Kitab Suci, nilai Bill meningkat secara signifikan-begitu drastis sehingga ia lulus dari sekolah tinggi anggota dari National Honor Society. Korelasi langsung antara nilai dan konsistensi dalam menghafal serta merenungkan Alkitab ini terus berlanjut sampai perguruan tinggi dan lulus sekolah.

 

Pengembangan Disiplin Harian

Prestasi luar biasa di sekolah hanyalah salah satu dari banyak manfaat yang dialami Bill sebagai hasil dari menerapkan Kitab Suci. Ketika bekerja dengan orang-orang muda, ia menjelaskan manfaat dan mendorong mereka untuk berlatih menerapkan disiplin Alkitab seperti persepuluhan, bangun pagi, dan merenungkan Kitab Suci.

 

Sebuah Undangan untuk Mengembangkan Kursus Sekolah

 

Pada tahun 1965, almamater Bill, Wheaton College, mengundangnya untuk merancang dan mengajar kursus berdasarkan pelayanannya dengan anak-anak muda. Kursus ini diberi nama "Basic Youth Conflicts." Dua jam dari atas-divisi sarjana dan pascasarjana kredit diberikan kepada siswa menyelesaikan kursus. Empat puluh enam siswa, pendeta muda, dan guru yang terdaftar untuk kelas pertama. Tahun berikutnya 120 mahasiswa yang terdaftar dalam kursus Basic Youth Conflicts.

 

Berkembang Melalui Mulut ke Mulut

Dalam tahun-tahun berikutnya, Basic Youth Conflicts ditawarkan di beberapa lokasi baru. Alumni diberitahu tentang tanggal, lalu mereka memberitahu teman-teman tentang seminar tersebut. Segera seminar tersebut dihadiri rata-rata antara 10.000 dan 20.000 remaja dan dewasa. Sekarang, lebih dari 40 tahun kemudian, ratusan seminar kecil masih dan sedang dilakukan di kota-kota di seluruh Amerika Serikat dan negara-negara lain.

 

Nama IBLP

IBLP pertama kali didirikan pada tahun 1961 di bawah nama Campus Teams.

Sebagai pelayanan yang terus bertumbuh, pada tahun 1974 seminar tersebut kemudian diberi nama Institut in Basic Youth Conflicts, untuk memberikan judul yang lebih deskriptif.

Dengan adanya gelombang pertumbuhan dan penjangkauan yang terus menerus terjadi melampaui arena konflik orangtua-remaja, maka dibutuhkan sebuah nama baru lagi. Pada tahun 1989, Dewan Direksi IBLP mengubah nama menjadi seperti yang kita kenal saat ini: Institute in Basic Life Principles.

Banner